Kamis, 24 Februari 2011

Ogoh-Ogoh




Hari Raya Nyepi sudah dekat, yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 maret 2011. Para umat Hindhu juga sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya berupa OGOH-OGOH yang akan di arak pada hari jum'at tanggal 4 maret 2011. Seperti perayaan hari Raya Nyepi sebelumnya, ini akan selalu meriah saat Ogoh-Ogoh di arak mengitari jalan-jalan di sekitarnya kampung, bahkan kota yang ada di Bali.

Tanggtal 4 maret 2011 merupakan bulan mati atau di sebut dengan TILEM di Bali yaitu tilem sasih Kesanga: Upacara taur agung kesanga, merupakan upacara pembersihan Buana Agung (Dunia) dengan segala isinya dapat juga di artikan sebagai upacara tutup tahun saka.

Tawur Kesanga, Hari Pasucian Para Dewa Bhatara terutama Ida Sang Hyang Widhi yang berada di pusatnya samudera dengan membawa Tirta Amerta Kamandalu. Umat mengadakan upacara pembersihan seluruh alam yang di adakan semua tingkat.

Nah, pada tanggal 5 maret 2011, di laksanakan NYEPI (Sipeng), hari ini umat Hindhu mengadakan berata penyepian dan semadi, mengheningkan pikiran untuk dapat menerima ilham-ilham dan petunjuk Hyang Widhi Wasa, agar di hari-hari berikutnya dapat melaksanakan perbuatan yang lebih baik.

Bagaimana dengan anda? sudahkah berbuat baik hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar